BIG ME AND BIG YOU (Quantum & Teaching Learning)



Quantum learning merupakan kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Quantum Teaching adalah panduan praktis dalam mengajar yang berusaha mengakomodir setiap bakat siswa atau dapat menjangkau setiap siswa. Metode ini sarat dengan penemuan-penemuan terkini yang menimbulkan antusiasme siswa. Quantum Teaching menjadikan ruang-ruang kelas ibarat sebuah konser musik yang memadukan berbagai instrumen sehingga tercipta komposisi yang menggerakkan dari keberagaman tersebut.
Persamaan Quantum Teaching ini diibaratkan mengikuti konsep Fisika Quantum  yaitu:
E = mc2
E = Energi (antusiasme, efektivitas belajar-mengajar,semangat)
M = massa (semua individu yang terlibat, situasi, materi, fisik)
c = interaksi (hubungan yang tercipta di kelas)

PRINSIP DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
Ø  Segala sesuatu harus bicara
Ø  Segala sesuatu harus mempunyai maksud atau adanya tujuan
Ø  Mencoba terlebih dahulu
Ø  Menghargai
Ø  Jika pengalaman belajar dirasakan bermanfaat maka rayakan dengan mengajarkan kembali pada orang lain

HAL MENDASAR DALAM QUANTUM TEACHING
Ø  Semua orang mempelajari kurikulum
Ø  Membangun karakter yang kuat
Ø  Semua orang bisa melakukan hal benar

8 KUNCI HAL-HAL YANG MENDASAR DALAM QUANTUM TEACHING
Ø  Kejujuran
Ø  Kegagalan awal dari kesuksesan
Ø  Berbicara dengan intensi yang baik
Ø  Membuat kejutan
Ø  Komitmen
Ø  Bertanggungjawab
Ø  Fleksibel
Ø  Harus seimbang

NILAI HUBUNGAN SESEORANG
Ø small me, small you
Ø small me, big you
Ø big me, small you
Ø big me, big you

contoh big me, big you:
pada pembelajaran seorang guru yang menempatkan posisi psikologis sejajar dengan peserta didik.tidak merasa lebih pandai atau lebih penting dari siapapun di kelas. Datanglah dengan mentalitas bahwa ingin belajar. Dengan demikian akan menghormati mereka dan akan memilih kata-kata yang pantas.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERPIKIR TINGKAT TINNGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA

MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA